BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

header-ad

Wakili Polres Bima, Pemdes Belo Akan Berlaga Dalam Lomba Tiga Pilar Tingkat Polda NTB



Bima, tabaca.my.id- Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, S.I.K, lewat Kasi Humas, Iptu Adib Widayaka, menyatakan, bahwa Pemerintah Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima akan mewakili Polres Bima dalam Lomba Tiga Pilar Tingkat Polda NTB.

Desa Belo terpilih karena sebelumnya didapuk sebagai juara pertama dalam Lomba Tiga Pilar Tingkat Polres Bima.

Lomba dimaksud, lanjut Kapolres Bima, merupakan salah satu kegiatan untuk menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 yang jatuh pada Tanggal 1 Juli mendatang, yang mengambil tema ‘Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh’.

Menindaklanjuti terpilihnya Desa Belo dan sesuai dengan Surat Telegram Kapolda NTB Nomor : ST/547/VI/OPS.4.1/2022 Tertnggal 9 Juni 2022 tentang Pelaksanaan Lomba Tiga Pilar dalam rangka Peringatan HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 ini, pihak Polres Bima melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa terkait, di Aula Kantor Desa tersebut.

Koordinasi yang berlangsung Senin (13/6/22) Pukul 09.00 Wita tersebut diikuti oleh Kasat Binmas, IPTU Suhermansyah, KBO Binmas, IPTU Sumardin, Kapolsubsektor Palibelo, IPDA Johansyah, beserta Anggota Satuan Binmas Polres Bima, Kades Belo, Akhmad Fansuri, Sekdes Belo Abdul Amin, dan segenap Aparatur Desa dan seluruh Kadus Desa Belo.

Kasat Binmas, Suhermansyah,  dalam penyampaiannya, menyampaikan, bahwa salah satu cara dan solusi dalam mewujudkan Kamtibmas di lingkungan Desa, adalah melalui tiga Pilar. Yakni, Aparat Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa.

“Seringkali persoalan yang timbul di masyarakat berunjung pada Laporan Polisi, namun dengan keberadaan Tiga Pilar bisa diselesaikan secara musyawarah,” paparnnya.

Karena itu, lanjut Suhermansyah, Tiga Pilar Desa ini harus berjalan bersama-sama, seiring seirama.

“Kami siap membantu aparat desa dalam menjalankan tugasnya,” tukasnya.

Sedangkan KBO Binmas, Sumardin, memaparkan terkait aspek penilaian dari Lomba Tiga Pilar.

Aspek Pertama, urainya, adalah adanya kantor tiga pilar, struktur organisasi, peta desa, tabulasi giat, kejahatan dan bencana.

Kedua, terwujudnya sinergitas tiga pilar (Bidang Kamtibmas dan mendukung program Pemerintah), Problem Solving, Door to Door sistem, Satkamling, Inovasi atau terobosan kreatif;

Ketiga, terlaksananya Jukrah atau petunjuk dan arahan Tingkat Kecamatan dan Kabupaten, supervisi tingkat Kecamatan dan Kabupaten, apel tiga pilar, reward atau penghargaan, serta Anev bulanan.

“Diharapkan agar tiga pilar Desa Belo terus bersinergi dalam membangun desa, membangun komunikasi yang baik serta memberikan pelayanan terbaik kepada warganya.” Tutup Sumardin.

Sementara itu, Kades Belo, Akhmad, mengharapkan kerjasama serta kolaborasi yang sudah berjalan baik selama ini antara Bhabinsa, Babinkamtibmas, dan aparat pemerintah Desa Belo senantiasa dapat ditingkatkan.

Sehingga, lanjutnya, dengan terjalinnya sinergitas tiga pilar ini dapat membentuk penguatan aparat di tingkat Desa guna mewujudkan program-program pemerintah, seperti penanganan Covid-19,  penyaluran bantuan dan pengelolaan Kamtibmas dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Kapolres Bima sendiri, mengajak seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah beserta jajarannya ikut mendukung keikutsertaan Pemerintah Desa Belo dalam Lomba Tiga Pilar Tingkat Polda NTB dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 tersebut.

Penulis : Arif

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar