67 Tenaga Kesehatan di NTB Positif COVID-19

nSekda NTB HL Gita Ariadi didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB, Gde Putu Aryadi, Direktur RSUD Provinsi NTB, dr HL Hamzi Fikri dan Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr Nurhandini Eka Dewi saat memberikan keterangan pers penanganan COVID-19 di NTB, Rabu (27/5/2020). (Foto : ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram, tabaca.my.id.- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan 67 tenaga kesehatan di daerah itu positif terpapar COVID-19.

"Sampai dengan saat ini ada 67 orang atau 11,9 persen tenaga kesehatan kami yang positif COVID-19 dan 64 masih dirawat," kata Kepala Dinas Kesehatan NTB dr Nurhandini Eka Dewi saat memberikan keterangan pers di Mataram, Rabu.

Ia menjelaskan, 67 tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 tersebut tersebar di enam rumah sakit dan satu puskesmas di NTB. Mereka ini terdiri dari dokter delapan orang, perawat 54 orang, apoteker tiga orang, tenaga gizi dan radiologi masing-masing satu orang. Sementara jika dilihat dari jenis kelamin terbanyak tenaga medis perempuan dengan jumlah 38 orang dan laki-laki 29 orang.

"Kenapa lebih banyak terkena perempuan, karena memang perawat kami lebih banyak perempuan daripada laki-laki. Bahkan, di antara tenaga kesehatan ini sudah ada yang menulari keluarganya," ujarnya.

Para tenaga kesehatan yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut, kata Nurhandini Eka Dewi, ada yang terpapar karena kontak dengan pasien positif dan kontak sesama tenaga kesehatan.

"Mereka ini sudah memakai alat pelindung diri (APD) level II dan III masih juga tembus. Apalagi masyarakat yang tidak menggunakan APD atau pun tidak menerapkan protokol COVID-19, seperti menggunakan masker, cuci tangan dan menerapkan physical distancing dan tetap di rumah," kata Nurhandini Eka Dewi atau akrab disapa Dokter Eka.

Eka menyatakan, jika melihat kasus yang terjadi para tenaga kesehatan ini terbanyak tertular pada bulan Mei.

"Bulan Mei ini satu per satu tenaga kesehatan kami bertumbangan, meski ada yang bisa pulih kembali," ujarnya didampingi Sekda NTB HL Gita Ariadi, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Gde Putu Aryadi dan Direktur RSUD Provinsi NTB dr HL Hamzi Fikri.

Menurut Eka, untuk mencegah penularan seluruh tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 saat ini sudah diisolasi untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Asrama Haji NTB, sedangkan, yang belum terpapar langsung diliburkan. "Contoh dalam satu regu yang terdiri dari 10 sampai 15 orang, terdapat satu orang yang terpapar, maka seluruhnya akan diliburkan dan harus menjalani pemeriksaan uji swab sebanyak dua kali. Nanti tugas mereka digantikan dengan tenaga kesehatan lain," katanya.

"Selain diisolasi dan diliburkan, pihak rumah sakit juga menutup pelayanan poli umum untuk mencegah terjadinya penularan," ucap Eka.

Saat ini, katanya, jumlah tenaga kesehatan yang bertugas menangani COVID-19 di NTB sebanyak 7.648 orang. Mereka ini tersebar di seluruh rumah sakit dan puskesmas di seluruh NTB.

Eka menambahkan, terkait banyaknya petugas kesehatan yang terpapar COVID-19, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol COVID-19 dengan tidak keluar rumah, memakai masker, mencuci tangan dan menerapkan physical distancing. Selain itu juga diharapkan masyarakat tidak menganggap remeh COVID-19 maupun abai terhadap anjuran pemerintah. Hal ini tidak lain untuk mencegah lebih banyak lagi masyarakat yang terpapar COVID-19.

"Ini peringatan bagi kita semua, tenaga kesehatan saja yang pakai APD lengkap hingga level II dan III bisa kena, apalagi masyarakat yang tidak melindungi dirinya. Makanya itu mari bersama ikuti imbauan/anjuran demi kebaikan bersama," katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Provinsi NTB dr HL Hamzi Fikri mengakui, di antara tenaga medis yang terpapar COVID-19 bertugas di rumah sakit tersebut dan saat ini pihaknya sudah melakukan contact tracking terhadap seluruh petugas kesehatan di tempat itu. Hal ini untuk mencegah penularan terhadap petugas kesehatan lainnya, termasuk kepada pasien lain.

"Alhamdulillah kondisi tenaga kesehatan kita semuanya dalam kondisi baik, meski positif dan saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Asrama Haji, sedangkan yang belum, kama lakukan uji swab sebanyak dua kali untuk memastikan dari COVID-19," kata Hamzi Fikri.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan sejumlah upaya, salah satunya pengurangan pasien rawat inap dan membatasi pengunjung rumah sakit serta menutup poli umum. Kebijakan lain wajib menggunakan masker bagi pasien, physical distancing selama berada di kawasan rumah sakit, termasuk meliburkan tenaga perawat yang bertugas bersama dengan tenaga kesehatan yang positif selama 14 hari serta melakukan uji swab.

"Kami juga meniadakan jam besuk bagi keluarga pasien dan kalaupun ada pembesuk cukup satu orang dan kami melakukan scraning lebih ketat terhadap siapa saja di kawasan rumah sakit," katanya.

Disamping itu, seiring meningkatnya jumlah pasien maupun tenaga kesehatan yang positif COVID-19, pihaknya juga tak henti-henti mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol COVID-19, seperti mencuci tangan, menggunakan masker, diam di rumah. Pesan itu disampaikannya mengingat terbatasnya ruangan yang dimiliki rumah sakit.

Diketahui, hingga Selasa (26/5) jumlah pasien positif COVID-19 di Provinsi NTB sebanyak 537 orang, dengan perincian 272 orang sudah sembuh, sembilan meninggal dunia, serta 256 orang masih positif dan dalam keadaan baik. 

Sumber : Kantor Berita Nasional, Antara Mataram

COMMENTS

Nama

Bansos,4,Bhakti Sosial,1,Bima,39,Corona,73,dompu,11,Editorial,1,Ekbis,5,Featured,11,Galeri Foto,1,Hukrim,26,Kebijakan,1,Kehilangan,1,Kelautan,1,Kesehatan,14,Khazanah,12,Kota Bima,14,Lingkungan,3,Lomba,2,Lombok,6,Mataram,53,Nasional,3,Opini,3,Pangan,2,Pelayanan Publik,1,Pemerintahan,2,Pendidikan,3,Peristiwa,22,Politik,7,Regional,1,Sains,1,Sumbawa,10,Transportasi,1,
ltr
item
Media Tabaca: 67 Tenaga Kesehatan di NTB Positif COVID-19
67 Tenaga Kesehatan di NTB Positif COVID-19
https://1.bp.blogspot.com/-9iRKD8WBUZE/Xs79t-6kf6I/AAAAAAAAAaI/hfxp5avXC7g1TIiYcb3kla23eswp29ChQCLcBGAsYHQ/s640/Screenshot_2.png
https://1.bp.blogspot.com/-9iRKD8WBUZE/Xs79t-6kf6I/AAAAAAAAAaI/hfxp5avXC7g1TIiYcb3kla23eswp29ChQCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_2.png
Media Tabaca
https://www.tabaca.my.id/2020/05/67-tenaga-kesehatan-di-ntb-positif.html
https://www.tabaca.my.id/
https://www.tabaca.my.id/
https://www.tabaca.my.id/2020/05/67-tenaga-kesehatan-di-ntb-positif.html
true
3698142220246603649
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content